Pelatihan teknologi pelapisan pupuk urea dengan arang aktif

0
109
 
 
 

Sebagai upaya penyebarluasan hasil penelitian dari Lembaga Penelitian yang ada, Bappeda Kab. Jepara bekerjasama dengan Balai Penelitian Lingkungan Pertanian (Balingtan) Pati mengadakan desiminasi teknologi pelapisan pupuk urea dengan arang aktif yang berhasil dari limbah pertanian. Pelatihan ini dilakukan selama pada hari kamis – jum’at, 2 – 3 Mei 2019 bertempat di kantor BPP Pecangaan.

Kepala Balingtan Pati dalam kesempatan tersebut Ir. Mas Teddy Supriadi, MS menyampaikan “ Balingtan sebagai salah satu unit penelitian Kementrian Pertanian akan memberikan fasilitasi dan bantuan teknis kepada daerah-daerah yang membutuhkan”. Balingtan Pati yang berlokasi di Jaken, Pati memang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat umum , lanjut mas Teddy.

Tiga narasumber utama (Poniman, Sri Wahyuni, Ika Ferry Yunianti) dan sejumlah peneliti dan petugas teknis dari Balingtan menjadi fasilitator dalam pelatihan tersebut.  Peserta pelatihan yang terdiri dari PPL Pertanian, Petani dan Guru SMK mengapresiasi pelatihan tersebut.  Mereka akan melakukan pengujian secara mandiri di wilayah masing-masing. Untuk mendukung pelaksanaan uji secara madiri Balingtan menghibahkan peralatan berupa perangkat alat uji tanah kering, perangkat uji pupuk, uji pupuk organik,alat uji tanah sawah kepada Sanggar Iptek Masyarakat.

Materi pelatihan selengkapnya bisa diunduh di : bappeda-jepara.org.

 

(BJN – 01)