Puluhan Pelajar Dilatih Meneliti Melalui Science Camp

0
17

Pelajar SMP/MTs terbaik di Kabupaten Jepara yang berminat dibidang penelitian dijaring oleh Bappeda, Disdikpora dan Kemenag melalui ajang science camp. Science camp ini merupakan program outdoor sains yang menyenangkan dan menantang bagi para siswa yang menyukai petualangan dan rasa ingin tahu yang besar terhadap ilmu pengetahuan.

Tercatat 60 pelajar SMP/MTs dan guru pembimbing  mengikuti science camp di Balai Lingkungan Pertanian (Balingtan), Pati selama dua hari , 1 – 2 Oktober 2019. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Balingtan Pati yang diwakili Kepala TU Sudarto menyampaikan para pelajar SMP/MTs sebagai generasi penerus hendaklah memiliki kepedulian dan minat yang besar tehadap penelitian. “ Karena itu belajarlah kalian dengan serius, sehingga bisa menempuh pendidikan S3 seperti bapak ibu peneliti disini” lanjut Sudarto.

Selama kegiatan science camp peserta diberikan materi tentang global warming, gas rumah  kaca, keamanan pangan, dampak lingkungan pertanian dll.  Selain itu peserta  juga mengikuti pengamatan dan praktik di enam pos : pos 1: lab terpadu, pos 2: lysimeter + games  korek api, pos 3: embung + games mengambil koin tanpa basah, pos 4: lab Gas Rumah Kaca, pos 5: biochar + volume bangunan tak beraturan, pos 6: biopestisda + meniup balon tanpa mulut.

Disesi akhir peserta science membuat paparan atas materi dan pengamatan yang diterima kemudian dipaparkan didepan Dewan Juri.  Setelah dilakukan penilaian diputuskan oleh Tim Juri : Juara 1 . SMPN 1 Jepara , Juara 2 SMPN 1 Bangsri dan Juara 3 SMPN 2 Jepara . Atas prestasinya pemenang mendapatkan uang pembinaan Juara 1 Rp. 1.250.000,- Juara 2 : Rp. 1.000.000,- Juara 3 : Rp. 750.000,-

(BJN -01)